Kutai Kartanegara, Kabupaten Kaya Budaya dan Sumber Daya Alam

Kutai Kartanegara adalah salah satu Kabupaten yang berada di Kalimantan Timur. Kabupaten yang memiliki sumber daya alam melimpah dan warisan kebudayaan yang turun- temurun membuatnya menjadi salah satu Kabupaten terkaya di Indonesia. Banyak hal menarik tentang Kabupaten yang satu ini dan beberapa diantaranya adalah: 
Mempunyai sejarah sebagai Kerajaan tertua di Indonesia
Prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai
Kerajaan Kutai adalah Kerajaan hindu yang berdiri sejak abad ke 4 Masehi. Raja yang terkenal dari Kerajaan ini adalah Mulawarman yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah Museum dan Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur.  Mempunyai hewan mitologi yang tak kalah dengan Yunani 
Patung Lembuswana
Berbelalai bukan gajah, bertaring bukan harimau, bertaji bukan ayam dialah lembuswana yang menjadi ikon dari Kutai Kartanegara. Lembuswana dipercaya sebagai tunggangan Raja Mulawarman yang merupakan raja dari Kerajaan Kutai sekitar 1500 tahun silam.

Mempunyai pesta adat yang diadakan rutin setiap tahun 

Salah Satu Ritual Adat di Festival Erau
Festival Erau merupakan salah satu pesta adat termegah yang melibatkan banyak masyarakat Kutai Kartanegara. Biasanya acara ini akan berlangsung seminggu dan diakhiri dengan saling memercikkan air satu sama lain (belimbur) pada hari terakhir. Selain menampilkan kebudayaan daerah setempat kita juga bisa menikmati kebudayaan daerah lain dan luar negeri, karena beberapa tahun terakhir pemerintah selalu mengundang seniman-seniman daerah lain di Indonesia maupun luar negeri.

Festival musik rock yang diadakan setiap satu tahun sekali

Poster KRF 2015
Kukar sukses menggelar festival rock dunia pada tahun 2012 dengan menghadirkan Sepulura dan berlanjut dengan Helloween (2013), Testament(2014) dan FireHouse (2015) dengan sebutan Kukar Rockin' Fest dan pada tahun 2016 dan 2017 namanya berubah menjadi Rock In Borneo yang masing-masing menampilkan MLTR dan Skid Row.

Kabupaten yang kaya akan minyak bumi dan gas

Kilang Minyak Blok Mahakam
Blok mahakam yang sejak Januari lalu sudah berhasil diakuisisi oleh Pertamina berada di kabupaten ini, menjadikannya sebagai Kabupaten penghasil migas terbesar di Indonesia.

Salah satu kontestan Liga 1 berasal dari Kabupaten ini

Keseblasan Mitra Kukar
Mitra Kukar (Mitra Kutai Kartanegara) adalah salah satu peserta Liga 1 Indonesia. Pembelian-pembelian fantastis Mitra Kukar sejak menjadi kontestan di liga teratas Indonesia membuatnya di juluki sebagai Manchester City-nya Indonesia.
Kutai Kartanegara, Kabupaten Kaya Budaya dan Sumber Daya Alam Kutai Kartanegara, Kabupaten Kaya Budaya dan Sumber Daya Alam Reviewed by VerdiAV on Friday, January 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.